Sabtu, 08 April 2017

Kebijakan Lingkungan Nasional dan Peran Masyarakat

Arsip Cofa No. A 058
donasi dg belanja di Toko One

Undang-Undang Lingkungan Hidup

Ciri yang menyolok dari sistem pemerintahan Amerika Serikat adalah derajat keterlibatan resmi penduduk dalam kegiatan dan kebijakan masyarakat umum. Partisipasi ini meliputi hak dan kewajiban penduduk ketika mereka berkepentingan dengan masyarakat umum atau unsur-unsur masyarakat.

Baik badan pengadilan maupun pembuat undang-undang cenderung membeberkan tindakan masyarakat umum dan pemerintah dalam mengawasi lingkungan dengan cermat dan menghendaki partisipasi langsung penduduk dalam membuat keputusan pemerintah. Meskipun kebijakan ini menghambat pembangunan proyek, namun dalam banyak kasus ia merupakan satu-satunya cara yang efektif untuk membeberkan tindakan-tindakan yang merusak, keliru dan salah arah. Meskipun beberapa pemerintah daerah dan negara bagian telah mengadopsi peraturan-peraturan lingkungan lain, sumber utama bagi kebijakan lingkungan adalah National Environmental Policy Act (NEPA: Akta Kebijakan Lingkungan Nasional).

NEPA tahun 1969 adalah sangat penting, meskipun ia tidak mengendalikan kegiatan pembangunan secara langsung. Persyaratan prosedural utamanya adalah bahwa semua badan pemerintah federal harus memperhatikan dampak lingkungan dan mengawasi agar setiap peraturan federal serta kegiatan badan-badan federal utama yang sangat mempengaruhi lingkungan harus dinyatakan secara terperinci (disebut “environmental impact statement” atau pernyataan dampak lingkungan) yang meliputi :
1. Dampak lingkungan akibat kegiatan yang diusulkan.
2. Pengaruh buruk terhadap lingkungan yang tak dapat dihindari akibat pelaksanaan suatu proyek.
3. Alternatif lain bagi kegiatan yang diusulkan.
4. Hubungan antara tata guna lingkungan lokal jangka-pendek dan peningkatan produktivitas jangka-panjang.
5. Kerusakan lingkungan yang tak dapat dipulihkan akibat pelaksanaan proyek yang diusulkan.

Free Download Ebook Perikanan


Proses NEPA sesuai dengan tujuan utamanya bersifat memaksa badan-badan federal agar membuat perencanaan lingkungan dengan cermat. Kewajiban suatu badan federal adalah memperhatikan semua alternatif yang mungkin untuk mencapai tujuan dan memilih bentuk pendekatan yang mampu mengurangi dampak seminimum mungkin. Bagaimanapun, proses ini mencapai tujuannya hanya pada departemen-departemen pemerintah, dan sangat sering pernyataan dampak lingkungan semata-mata merupakan akibat keputusan di masa lalu yang kurang sesuai dengan lingkungan. Yang menggembirakan adalah bahwa departemen mampu memutuskan apakah suatu tindakan adalah “penting’ dan apakah penyiapan suatu pernyataan dibutuhkan. Tahap termudah adalah memutukan bahwa tidak ada pernyataan yang dibutuhkan sehingga tidak perlu menyusun laporan tentang lingkungan akibat suatu tindakan yang diusulkan. Sebelum melengkapi laporan, badan federal terkait harus mengumpulkan tanggapan dari badan federal lain yang diperkuat oleh pengadilan setempat atau para ahli.

Meskipun banyak hambatan yang dialami, NEPA berhasil meningkatkan kesadaran akan arti penting perlindungan lingkungan. Karena ia dapat diterapkan untuk semua proses perijinan yang dikeluarkan oleh pemerintah federal, NEPA sering dilibatkan dalam program wilayah pesisir. Sebagai contoh, ijin pembuangan limbah, yang dibutuhkan oleh EPA, dan ijin pengerukan atau penggalian, yang dibutuhkan oleh Corps of Engineer, harus berdasarkan NEPA.

Baca juga Sungai : Perubahan Ekologi serta Dampak Terhadap Biota dan Laut

Ad (klik gambar untuk informasi lebih detil) :


Peran Masyarakat Dalam Pencegahan Pencemaran

Peraturan yang mengatur partisipasi penduduk secara langsung dalam program-program pemerintah yang berkaitan dengan lingkungan bersifat lebih bebas daripada program-program di bidang lain. Beberapa program lingkungan di antaranya adalah peraturan pengawasan pencemaran air, Coastal Zone Management Act dan Ocean Dumping Act serta NEPA. Undang-undang yang mengatur campur tangan penduduk tampaknya diperlukan untuk melaksanakan berbagai program yang berkaitan dengan masyarakat umum.

Sebagai contoh, partisipasi masyarakat dalam proses penyusunan dampak NEPA sangat sedikit. Seringkali badan-badan pemerintah tampak menghendaki keterlibatan peduduk sekecil-kecilnya dalam program-programnya. Bagaimanapun, NEPA secara resmi memberi hak kepada penduduk untuk menentang (siap mencampuri) keputusan pemerintah dalam forum resmi dan di pengadilan. Proses campur tangan resmi terbukti merupakan saringan terakhir yang paling efektif dalam mencegah persekongkolan antara badan federal dengan pihak-pihak tertentu yang akan menimbulkan kerusakan lingkungan yang parah.

Dalam Coastal Zone Management Act dijelaskan bahwa keputusan penting tidak boleh dibuat oleh sekelompok kecil perencana negara bagian saja. Terlalu besar resikonya. Selama proses penyusunan rencana, pihak negara bagian harus aktif melibatkan pemerintah lokal, badan-badan regional, badan-badan federal, masyarakat umum dan berbagai organisasi terkait. Proses pembuatan keputusan harus memberikan kesempatan yang cukup bagi pihak-pihak yang terkait untuk menyumbangkan komentar atau saran tentang bagaimana arah program manajemen seharusnya dijalankan. Pendapat umum diperlukan dan saran-saran mengenai partisipasi masyarakat dalam pengembangan program harus diperhatikan.

Baca juga Dampak Tambak Terhadap Kerusakan Hutan Bakau


Undang-Undang Spesies Yang Terancam Punah

US Fish and Wildfish Service merupakan penanggung jawab utama The Endangered Species Act (Undang-Undang Spesies Yang Terancam Punah) 1973, Public Law 93-205. Badan federal lain yang berperanan dalam menjalankan Akta ini adalah Departemen Perdagangan, Departemen Pertanian dan The Smithsonian Institution . The Fish and Wlldfish Service menentukan apakah suatu spesies atau kelompok binatang harus ditambahkan atau disingkirkan dari daftar binatang yang terancam punah dan spesies langka atau diubah statusnya dari satu kategori ke kategori lain.

Akta menyediakan konservasi bagi semua spesies tumbuhan dan binatang yang tergolong “endangered” (terancam punah) atau “threatened” (langka). “Endengered species” adalah spesies yang terancam bahaya kepunahan di seluruh habitat atau sebagian habitat yang penting. “Threatened species” adalah spesies yang diramalkan akan terancam punah di masa mendatang di seluruh habitat atau di sebagian habitat penting Tujuan resminya adalah ‘menyediakan cara untuk mengkonservasi ekosistem yang sangat penting bagi spesies yang terancam punah dan spesies langka, menyediakan program konservasi bagi kedua kategori spesies tersebut, dan untuk mengambil langkah-langkah di atas sebagai pendekatan yang mungkin dalam mencapai tujuan ini.” Konggres menekankan dalam Akta ini bahwa salah satu akibat yang tidak menyenangkan dari pertumbuhan dan pembangunan di Amerika Serikat dan negara lain adalah musnahnya spesies dan subspesies flora dan fauna tertentu; bahwa kepunahan spesies berikut nilai pendidikan, sejarah, rekreasi dan ilmiah terus berlanjut hingga sekarang; dan bahwa kunci untuk lebih mengefektifkan konservasi fauna asli yang terancam punah dan langka adalah mendorong dan membantu berbagai negara dalam mengembangkan program konservasi bagi binatang liar.

Akta 1973 mengandung unsur perlindungan habitat yang dilaksanakan secara bertahap oleh The Fish and Wlldfish Service. Unsur ini memberikan kekuasaan bagi dinas tersebut (melalui The Interior Department) untuk mengidentifikasi habitat yang penting dalam melestarikan spesies yang terancam punah atau spesies langka ini dan untuk mendesak badan-badan federal lain agar mencegah semua tindakan yang dapat merusak habitat tersebut – yang mencakup ijin yang dikeluarkan pemerintah federal bagi developer swasta.

REFERENSI :
ARTIKEL TERKAIT

loading...

1 Komentar:

Pada 10 April 2017 pukul 06.50 , Blogger Dora mengatakan...

Alhamdulillah semoga atas bantuan ki witjaksono terbalaskan melebihi rasa syukur kami saat ini karna bantuan aki sangat berarti bagi keluarga kami di saat kesusahan dengan menanggun 9 anak,kami berprofesi penjual ikan di pasar hutang saya menunpuk di mana-mana sempat terpikir untuk jadikan anak bekerja tki karna keadaan begitu mendesak tapi salah satu anak saya melihat adanya program pesugihan dana gaib tanpa tumbal kami lansung kuatkan niat,Awalnya suami saya meragukan program ini dan melarang untuk mencobanya tapi dari yg saya lihat program ini bergransi hukum,Saya pun tetap menjelaskan suami sampai dia ikut yakin dan alhamdulillah dalam proses 1 hari 1 malam kami bisa menbuktikan bantuan aki melalui dana gaib tanpa tumbal,Bagi saudara-saudaraku yg butuh pertolongan silahkan
hubungi Ki Witjaksono di:0852-2223-1459
supaya lebih jelas
silahkan klik-> PESUGIHAN TANPA TUMBAL

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda